Instagram Luncurkan Fitur Pengawal Kesehatan Mental untuk Bangkitkan Korban Bullying

  • Whatsapp

Instagram meluncurkan fitur barunya #RealTalk  untuk mendorong lebih banyak lagi interaksi positif di Instagram, terutama di kalangan anak-anak muda.

Seperti yang kita ketahui, bahaya Covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, tetapi juga bisa merusak kesehatan mental.

Pihak Instagram berharap bisa mendorong anak muda untuk lebih berani tampil menjadi dirinya sendiri, sehingga mereka tidak takut lagi untuk menjaga kesehatan mentalnya dari kasus bullying.

Belakang ini juga baru terdengar kabar bullying di daerah Pangkep, Sulawesi Selatan. Dalam kasus ini tersebar dua video seorang anak bernama Rizal (12) penjual gorengan jalangkote, diganggu oleh sejumlah pemuda yang rata-rata berusia lebih tua darinya. Ada yang menonton, merekam, memukul, bahkan mendorong korban.

Maka dari itu, pihak Instagram juga merencanakan berkolaborasi dengan komunitas anti-bullying Sudah Dong, aplikasi kesehatan mental Riliv, dan artis cantik Ariel Tatum.

“Kampanye RealTalk memastikan pengguna Instagram di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman positif dan bermakna, serta berani berekspresi dengan cara aman dan nyaman. Ini fase kedua, pandemi Covid-19 mendorong kita untuk beradaptasi dengan the new normal (situasi normal baru),” ungkap Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik Putri Silalahi dalam konferensi online, Selasa (19/5/2020).

Antara pihak Instagram dan Sudah Dong bekerja sama untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kasus cyber bullying di kalangan anak muda, yang dapat disebabkan oleh semakin ramainya penggunaan platform online.

Selain fitur #RealTalk, Instagram juga meluncurkan fitur khusus bernama #Guides berisikan kumpulan konten menenangkan terkait kesehatan mental, cara menjaga pikiran positif, anti-bullying dan konten-konten positif lainnya.

Tujuannya untuk menyemangati para pengguna media sosial tersebut agar tergerak melawan aksi bullying, serta terbuka fikiran akan perilaku buruk tak berakhlak tersebut.

Jadi, para warga media sosial sekalian diharapkan untuk mendukung langkah-langkah Instagram agar terciptnya moral yang baik di dalam masyarakat.

Editor : Nafrizal

Pos terkait