7 Manfaat dari Mengkonsumsi Air Hangat Ketika Hendak Berbuka Puasa

  • Whatsapp
Ilustrasi/copyrightshutterstock/aodaodaodaod

Meminum air hangat ketika berbuka puasa amat dianjurkan saat ingin menghilangkan dahaga. Hal tersebut dikarenakan, air hangat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meminum air hangat pada saat keadaan perut sedang kosong dipercaya bermanfaat untuk pencernaan. Dalam kondisi seperti itu, sistem organ pencernaan pasti tidak akan kaget saat melakukan fungsinya dalam mencerna makanan.

Berikut ulasan mengenai manfaat dari mengkonsumsi air hangat ketika berbuka puasa.

1. Menyehatkan Pencernaan

Mengkonsumsi air hangat dapat menenangkan juga mengaktifkan saluran pencernaan. Air ialah pelumas yang bisa bikin pencernaan terus berjalan, jadinya ketika mengalir lewat perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi secara baik serta bisa menghilangkan limbah dengan efektif.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi air hangat dapat memunculkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat suhu tubuh mengkompensasi suhu hangat dari air, maka nanti juga akan menurunkan suhu internal serta mengaktifkan metabolisme.

Di samping membantu tubuh menyerap nutrisi serta membuang limbah, air hangat juga mampu meningkatkan kondisi kenyang dan menghindari dari memakan makanan berlebihan. Yang mana efeknya dapat berfungsi menurunkan berat badan serta menghindari kenaikan berat badan saat bulan puasa.

3. Mengeluarkan atau Mengurangi Racun di Tubuh

Air hangat dapat berperan ketika proses detoksifikasi tubuh. Saat air hangat menaikkan suhu tubuh seseorang, pasti kemudian akan memunculkan keringat.

Berkeringat ialah salah satu proses mengeluarkan racun serta mampu membantu membersihkan pori-pori. Racun di tubuh dapat dikeluarkan lewat urine, maka dari itu semakin banyak konsumsi air hangat. semakin banyak pula urine yang bisa keluar untuk mendetoksifikasi tubuh.

4. Memulihkan Energi

Rasa lelah juga lemah sesudah berpuasa dapat teratasi jika mengkonsumsi air hangat ketika berbuka. Dalam keadaan berpuasa seharian, energi akan pulih ketika meminum air hangat.

Meminum air putih dalam keadaan perut masih kosong dapat membuat tubuh langsung aktif. Itu disebabkan sel darah merah terangsang untuk tumbuh lebih cepat serta menghasilkan lebih banyak energi serta oksigen.

5. Menghidrasi Tubuh

Sebenarnya baik dari air putih dingin maupun hangat sendiri mampu membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Tetapi, tetap disarankan agar juga meminum air hangat saat berbuka puasa untuk dapat membantu menghindari dehidrasi sesudah seharian penuh menahan dahaga.

Air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan agar bisa ter cukupi bagi tubuh. Membiasakan diri mengkonsumsi air secara berkala ketika keadaan perut sedang kosong pasti bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh serta juga dalam mencegah infeksi.

6. Melancarkan Sirkulasi Tubuh

Air hangat maupun panas merupakan vasodilator yang dapat memperluas pembuluh darah serta membantu meningkatkan dan melancarkan sirkulasi bagi tubuh. Oleh karenanya kondisi ini mampu membantu otot lebih rileks serta bisa mengurangi rasa sakit.

Disamping itu juga, aliran darah yang sehat dapat mempengaruhi semuanya, misalnya tekanan darah dan juga resiko penyakit kardiovaskular.

7. Menurunkan Stres

Mengkonsumsi air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pada saraf pusat, yang berguna menenangkan tubuh. Di lain sisi juga meminum air hangat ketika berbuka dapat membuat tubuh jauh lebih rileks serta menurunkan kadar stres.

Dianjurkan, saat menjalankan ibadah puasa minumlah segelas air hangat agar dapat membantu mengendalikan stres juga kecemasan diri.

Editor : Nafrizal

Pos terkait